PERBEDAAN BAHASA YANG INDAH


Aku cuma bisa ketawa sendiri kalo ingat perdebatan yang terjadi antara aku (bugis) dan cuin (batak). tau sendiri lah kalo dua bahasa berbeda diucapkan dalam waktu yg bersamaan. sumpah ancur bgd. aku tau kok prasaan tman2 klas klo aku lg ngomong bugis. haha...
nii sekilas perdebatan antar aku dn cuin.
e: agaje' ? melloko mallaga sibawa iyya' ? -apa? mau klai kah sama aku?-
q: e he, sip ma ho, na ributan! aha do na idokoni ho i si. -duh diem donk,rbut bgd! apa si yg klian
omongin itu!

e: agatu'mupau? de'wissengi je'! -apa kmu bilang? gg ngerti aku!-
sama2 nanya apa artinya sudah. blum lagi kalo aku pke nambah2in kalimat bugis yang lain. queen cuma bisa nyerah. habisnya dia cuma bisa kalimat itu doang. emank bukan batak tulen kok. haha

Di ips 2 ini satu-satunya anak bandung ya cuma tya. kumaha damangnya tuh paling sering keluar apalgi klo pemi yang ngomong. gag ada ya orang sunda nanya kabar pake teriak2. secara orang batak ngomong sunda mana cocok logatnya. haha.. blum lagi dindy yang membanggakan kampung halamannya lumajang. tapi dia gag bisa bahasa jawa. sama aja kayak yg lainnya, aku gg pernah denger tuh bahasa jawa berkumandang di kelas..
Tetep itu semua yg ngebuat aku kangen ma situasi kelas kalo lagi aneh2 bahasa yang keluar. hhmmm kebersamaan kita tinggal beberapa bulan lagi ni teman!


aku pengen ceritain sedikit tentang 12 ips 2 ini pake' bahasa bugis sebisaku. haha
kalase'ku iyye marukka ladde'. tapi'na, upoji maneng sibawakku. yamaneng, massipa' makanja'. engka sibawakku napoji ladde' naparroa sibawanna. iyyero sibawakku napoji nasubbu agagakku. tapina iyya' upoji moo sibawakku. apa'na mabelle belle mui de'na tongeng. asenna Queen. marepe alenna mallaga sibawa pemi. haha. engka too napoji ma'gosip. iyya'to usibawa lengi ma'gosip sibawa alena. asenna dindy tya dan lida. engka to si james sibawa dendy napoji ladde' nacobi cobi tawwe. iya aga marepe nacobi cobi. lainge alin si mamekko, heni si fullspeed macca to pa'guruang ekonomi., lindos pada to anak2 biccu sipa'na macca to pa'guruang akuntansi. engka to gurukku napoji ladde'ki. asenna Ambo Fatah.
kelase'ku iyye mapojji massidi'. yamaneng nalakukange sibawa. pura ki' mappiknik sibawa maneng ri danau pkt we. mappoto poto ki ri sekambinge. mega je' de'na ulle maccuritange yamaneng.
artinya..
kelasku ini ribut sekali. tapi, aku suka dengan semua teman2ku. semuanya punya sipat yg baik. ada yg suka becandain temennya. dia juga suka nyembunyiin barang2 kita. tapi aku tetep suka sama temenku. namanya queen. sering juga dia kelahi sama pemi. haha. ada juga yang suka bergosip. aku juga sering ikutan gosip bareng sama mereka. namanya dindy, tya dan lida. james dan dendy yang suka gangguin anak2. ku juga sring digangguin. lainnya ada alin yg pendiam, hni si fullspeed pintar pelajaran ekonomi, lindos yang kayak anak kecil sifatnya juga pinyar akuntansi. ada guru kita yg sangat suka dengan kelas ini. namanya pak fatah.
kelasku ini sangat kompak. hampir semua kegitan dilakukan bersama. pernah piknik bareng di danau pkt. poto2 di sekambing. banyak si, gag bisa diceritain semuanya.

( nurliah eka armi ) maktirnya 12 ips 2 !!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "PERBEDAAN BAHASA YANG INDAH"

Posting Komentar